RPP
MATEMATIKA SMP KELAS VII
TUGAS
Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Terstruktur dalam Mata Kuliah
Perencanaan
Pembelajaran Matematika
Dosen Pembimbing :
M.Imammuddin, M.Pd
MUHAMMAD
IBRAHIM : 2410.001
FITRI RAHMI : 2410.016
RANTI SINTA TIA : 2410.028
RISMA : 2410.032
FEBY ERLI SANDI : 2410.040
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
SJECH M. DJAMIL DJAMBEK
BUKITTINGGI
1433 H / 2012 M
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah
: SMPN
Mata
Pelajaran
: Matematika
Kelas /
Semester
: VII / Genap
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
I.
Standar Kompetensi
Menggunakan
konsep himpunan dan diagram venn dalam pemecahan masalah
II.
Kompetensi
Dasar
4.3.
melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (selisih), dan komplemen pada
himpunan
III.
Indikator
1. Menjelaskan
pengertian irisan, gabungan dan kurang (selisih) dari dua himpunan
2. Menentukan
irisan, gabungan dan kurang (selisih) dua himpunan.
IV.
Tujuan
pembelajaran
Kognitif :setelah proses belajar
mengajar siswa dapat :
·
Menjelaskan pengertian irisan, gabungan
dan kurang (selisih) dari dua himpunan
·
Menentukan irisan, gabungan dan kurang
(selisih) dua himpunan.
(nilai yang diharapkan
: rasa ingin tahu, mandiri, kreatif dan disiplin)
Afektif :
·
Kesungguhan siswa dalam pembelajaran
matematika
·
Kemandirian dalam mengerjakan tugas
·
Tepat waktu dalam mengumpulkan tugas
V.
Materi
Pembelajaran
1. Fakta :
·
Irisan himpunan A dan B adalah suatu
himpunan yang anggota-anggotanya merupakan anggota himpunan A sekaligus
merupakan anggota himpunan B juga.
·
Gabungan himpunan A dan B adalah suatu
himpunan yang anggota-anggotanya merupakan anggota A saja, anggota B saja dan
anggota persekutuan A dan B
·
Selisih himpunan A dan B adalah
2. Konsep :
·
·
3. Prinsip
·
·
VI.
Metode, model dan pendekatan
pembelajaran
Motode : ceramah, tanya jawab, diskusi dan pemberian
tugas.
Model : kontruktifisme
Pendekatan
: pemahaman konsep
VII.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
Nilai karakter
|
Kegiatan
Awal
·
Guru
mengkondisikan kelas mulai dari ruang kelas sampai presensi
·
Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam dan mengajak siswa untuk berdoa
·
Guru
mengajak siswa untuk mempelajari operasi pada himpunan
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
·
Guru
mengaitkan pembelajaran dengan materi terdahulu yang masih berkaitan
|
Klasikal
Ceramah
|
Peduli
social
|
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi :
§ Guru menggali potensi siswa dengan
cara menunjuk salah satu siswa atau beberapa siswa untuk menetukan nilai
suatu himpunan, operasi irisan dan gabungan
§ Guru menjelaskan konsep himpunan, selisih dan operasi irisan atau gabungan
§ Guru
memberikan latihan di papan tulis.
Elaborasi :
§ Bersama-sama dengan siswa membahas
tentang himpunan, operasi irisan dan gabungan
§
Guru meminta salah seorang siswa
untuk mengerjakan soal latihan di depan kelas
§ Guru bersama
siswa melakukan pengecekan terhadap jawaban yang ditulis siswa didepan kelas
Konfirmasi :
§ Guru memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa
|
|
Tanya jawab
ceramah
diskusi
individu
|
o
Kerja keras
o
Kreatif
o
Mandiri
o
Demokratis
o
Rasa ingin tahu
o
Semangat kebangsaan
o
Cinta tanah air
|
Kegiatan
Penutup
|
Pemberian tugas/ konfirmasi
|
-
Menghargai prestasi
-
Bersahabat/ komutatif
|
|
Refleksi :
§ Tanya jawab tentang materi yang baru
dipelajari sebagai penguatan
§ Dengan bimbingan guru siswa
membuat kesimpulan pembelajaran
§ Memberikan tugas di rumah
§ Pelajaran ditutup dengan bacaan
alhamdulillah dan salam
|
VIII.
Alat, sumber dan media belajar
§ Buku matemática kelas VII – SMP
§ Internet dan sumber lain yang
relevan
IX.
Evaluasi
Evaluasi yang dilakukan dalam mencapai indikator hasil belajar meliputi :
A.
Kognitif
Quis :
1.
A= {orang
indonesia yang berumur sekurang-kurangnya 21 tahun }
M= {anggota perwakilan rakyat }
Buatlah diagram vennnya dan arsirlah A
M!
2.
Jika P
Q = {x ∣ a ≤ x ≤ b}, tentukan nilai a dan b!
Tentukan nilai
a dan b jika P = {x ∣ -1 ≤ x ≤ 4}
dan Q = {x ∣ -4 ≤ x+2 ≤ 5}
B. Afektif
Penilaian afektif ini dari pengamatan sikap dan perilaku siswa selama
pembelajaran berlangsung
Lembar penilaian afektif
Hari / tanggal :
NO
|
Nama siswa
|
Individu
|
||||
Ku
|
Ks
|
Km
|
Tw
|
Jumlah
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian afektif
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Memuaskan
|
4
|
Baik
|
3
|
Cukup
|
2
|
Kurang
|
1
|
Ket:
Ku = kesungguhan dalam pembelajaram matematika
Ks = kerjasama dalam kerja kelompok
Km = kemandirian dalam membuat tugas individu
Tw = tepat waktu mengumpulkan tugas
Mengetahui,
Kepala Sekolah
|
bukittinggi, …………… 2012
Guru Mata Pelajaran
|
………………………..
NIP.
|
……………………………
NIP
|
0 komentar:
Posting Komentar