topbella

Jumat, 18 Januari 2013

RPP : SK 7, KD 7.1 dan KD 7.2




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA “SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KELAS IX SEMESTER 1”

TUGAS

Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Terstruktur
dalam Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran


Oleh :
MUHAMMAD IBRAHIM
2410.001


Dosen Pembimbing :
M. Imammuddin, M,Pd


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
SJECH M. DJAMIL DJAMBEK
BUKITTINGGI
1433 H / 2013 M



Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran
 (RPP)

I.         Identitas
Satuan Pendidikan                           : Sekolah Menengah Kejuruan
Mata Pelajaran                                 : Matematika
Kelas/Program/Semester                 : XI/Program Keahlian Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian/ 1
Jumlah Pertemuan                            : 1 Pertemuan (2 x 45’)

A.    Standar Kompetensi
1.      Menerapkan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar
1.1.      Menentukan dan menggunakan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1.      Mengkonversi sudut ke satuan radian
1.1.2.      Menentukan nilai perbandingan trigonometri dalam segitiga siku siku
1.1.3.      Menentukan nilai trigonometri sudut – sudut istimewa
     
D.    Tujuan Pembelajaran
Ø  Kognitif : Setelah proses belajar mengajar peserta didik dapat :
·         Peserta didik dapat mengkonversi sudut ke satuan radian
·         Peserta didik dapat menentukan nilai perbandingan trigonometri dalam segitiga siku siku
·         Peserta didik dapat menentukan nilai trigonometri sudut – sudut istimewa
·         Nilai yang ditanamkan : Rasa ingin tahu, mandiri, kreatif, kerjasama dan disiplin)
Ø   Afektif
·         Kesungguhan dalam pembelajaran matematika
·         Kerja sama dalam kelompok
·         Kemandirian dalam mengerjakan tugas
·         Tepat waktu mengumpulkan tugas

E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran koperatif tipe STAD

II.      Materi Ajar
A.    Prinsip
ü  Sudut diukur dalam satuan (o) dan radian (rad)
ü  Dalam segitiga siku – siku :
§  Sinus adalah perbandingan sisi depan dan miring dari suatu sudut dalam segitiga siku – siku
§  Cosinus adalah perbandingan sisi samping dan miring dari suatu sudut dalam segitiga siku – siku
§  Tangen adalah perbandingan sisi depan dan samping dari suatu sudut dalam segitiga siku – siku
§  Cosecan adalah perbandingan sisi miring dan depan dari suatu sudut dalam segitiga siku – siku
§  Secan perbandingan sisi miring dan samping dari suatu sudut dalam segitiga siku – siku
§  Cotangen adalah perbandingan sisi samping dan depan dari suatu sudut dalam segitiga siku – siku
ü  Sudut – sudut istimewa yang ada pada trigonometri adalah 0o, 30o, 45o, 60o, 90o

B.     Konsep

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

fitrirahmiku.blogspot.com
Lihat profil lengkapku